Mengenal Stadion Kaliningrad, Tempat Inggris dan Spanyol Bertanding di Piala Dunia 2018

Stadion Piala Dunia 2018

Stadion Kaliningrad merupakan satu dari lima stadion baru yang direnovasi untuk penyelenggaran Piala Dunia 2018 Rusia. Stadion ini juga punya nama lain Arena Baltika ini adalah kandang klub Liga Rusia, Baltika Kaliningrad.

Stadion Kaliningrad mulai dibangun pada tahun 2015 dan barus selesai pada 2018 ini. Pembangunannya memakan biaya sebesar 257 juta euro (Rp4,3 triliun). Biro arsitek asal Prancis, Wilmotte & Associes merancang desain stadion yang berada di kota Kaliningrad.

Konsep desain Stadion Kaliningrad mengambil inspirasi dari Stadion Allianz Arena di Munich, Jerman. Allianz Arena sendiri adalah kandang dari juara Bundesliga Jerman, Bayern Munchen dan juga pernah menjadi stadion penyelenggara Piala Dunia 2006 Jerman.

Stadion Kaliningrad memiliki kapasitas yang relatif sedikit untuk ukuran Piala Dunia, hanya 35.212 penonton. Usai penyelenggaraan Piala Dunia 2018, kapasitasnya akan dikurangi menjadi 25.000 penonton saja.

Karena kapasitasnya yang sedikit, Stadion Kaliningrad hanya akan dipakai sebagai tuan rumah pertandingan penyisihan grup selama penyelenggaraan Piala Dunia 2018. Empat pertandingan itu adalah Grup B, D, E, dan G.

Juara Dunia Piala Dunia 2010, timnas Spanyol akan berduel melawan kesebelasan Maroko di Stadion Kaliningrad dalam penyisihan Grup B pada 25 Juni. Spanyol masih bakal dihuni para bintang dua klub raksasa Liga Spanyol, Barcelona dan Real Madrid.

Sementa Juara Dunia 1966, kesebelasan Inggris berduel melawan Belgia di Stadion Kaliningrad dalam penyisihan Grup G pada 28 Juni. Dua pertemuan negara ini akan menyuguhkan para bintang yang berlaga di Liga Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *